by

Delapan Motor Disewa Lalu Digelapkan, Hasilnya Digunakan untuk Kebutuhan Hidup

TARAKAN,  DT, tersangka kasus penggelapan motor yang diamankan oleh anggota Reskrim Polsek Tarakan Utara dua pekan lalu, ternyata memiliki banyak Tempat Kejadian Perkara (TKP) penggelapan lainnya yang berhasil diungkap.

Dari awal ditangkap, polisi mendapati ia sudah menggelapkan lima unit motor. Saat dilakukan pengembangan lebih lanjut, ternyata pelaku menggelapkan delapan motor, yang diduga digadai juga ke orang lain.

Kapolres Tarakan AKBP Yudhistira Midyahwan melalui Wakapolsek Tarakan Utara Ipda Syaifuddin Al Kadrie menjelaskan, modus yang digunakan pelaku saat beraksi, kerap kali menggunakan modus untuk menyewa sepeda motor. Setelah ia menyewanya, motor tersebut malah digelapkan.

“Didapati pelaku ini sempat mendatangi korbannya di Jalan Pulau Banda, Kelurahan Kampung Satu dan menyewa tiga motor sekaligus,” katanya.

Dari keterangan yang didapatkan dari pelaku, lanjut Syaifuddin, korban yang percaya dengan modus pelaku kemudian memberikan motor itu kepada pelaku. Didapati pelaku saat itu menyewa motor selama sebulan, ternyata tidak ada kabar untuk membayar. Malah korban dengan tidak sengaja, berhasil menemukan motor itu dari orang lain yang memakainya.

Pelaku sendiri sempat mengaku tinggal di daerah Juata, sehingga para koban pun melaporkan aksi pelaku ke Polsek Tarakan Utara. Kemudian usai ditangkap dan dilakukang penggembangan, ternyata tiga motor yang digelapkan oleh pelaku, pemiliknya berada di Kelurahan Kampung Satu. “Pelaku menggelapkan motor itu ada delapan, kemudian ia gadai seharga Rp 4 juta dan uangnya ia gunakan untuk keperluan sehari-hari,” imbuh Syaifuddin.

Diketahui, pelaku merupakan residivis dan sejak bebas dari penjara tidak punya pekerjaan. Dengan alasan itulah ia mengakui harus menggelapkan delapan motor, guna memenuhi kebutuhan hidupnya. “Pelaku ini kami jemput di rumahnya langsung. Pelaku akan kami kenakan pasal 378 KUHP dan pasal 372 KUHP, ancamannya diatas 5 tahun penjara,” jelasnya.  Fz/sbr

Baca Juga  Motif Kedua Tersangka Melakukan Tindakan Pencurian

Comment