by

Diduga Korsleting Listrik, Bus PO AKAS jurusan Surabaya-Banyuwangi ludes terbakar

SURABAYA, Bus PO AKAS jurusan Surabaya-Banyuwangi ludes terbakar di sekitar Gerbang Tol Sidoarjo KM 765 arah Surabaya-Gempol, Jawa Timur, Minggu (21/7/2019).

Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian tersebut. Seluruh penumpang berhasil menyelamatkan diri sebelum api meludeskan seisi bus antarkota antarprovinsi (AKAP) itu. Belum diketahui penyebab pasti kebekaran, namun dugaan sementara akibat korsleting listrik di bagian AC (pendingin ruangan).

Kebekaran bus tersebut juga memaksa arus lalu li lintas di Jalan Tol Sidoarjo-Gempol ditutup sementara selama 30 menit untuk proses pemadaman dan evakuasi.

Informasi di lokasi kejadian menyebutkan, kebakaran itu bermula saat bus yang dikemudikan Suprapto Raharjo (45), warga Mayangan, Probolinggo melaju dari arah Surabaya menuju Gempol. 

Baca Juga  Syok Melihat Suaminya Sudah Tergantung di Pohon Duku

Setelah membayar di Gerbang Tol Sidoarjo 2, mendadak muncul asap di mesin AC yang berada di bagian atap bodi bus. Seketika itu, 15 penumpang berikut kru bus langsung keluar untuk menyelamatkan diri.

Dalam waktu hitungan detik, api langsung muncul dan membesar hingga menghanguskan hampir 95 persen bodi bus. 

Perwira Jaga PJR Tol Jatim 2, Ipda Nanang mengatakan, penyebab kebakaran bus diduga akibat korsleting mesin AC. “Ya, penyebabnya adalah korsleting AC. Tidak ada korban jiwa, seluruh penumpang yang berjumlah 15 orang berhasil menyelamatkan diri,” katanya.

Dia menjelaskan, untuk memadamkan api yang membakar bus tersebut dikerahkan dua unit mobil pemadam kebakaran dari Pemkab Sidoarjo. “Saat ini, sudah berhasil dipadamkan.

Baca Juga  Pria Pemakan Kucing Hidup Ternyata Bernama Abang Grandong Kini Masih Diburu Keberadaannya

Tapi, arus lalu lintas di Tol Sidoarjo menuju Gempol sempat ditutup sekitar 30 menit dan dialihkan keluar tol melalui Kota Sidoarjo,” katanya. 

Untuk kepentingan pemeriksaan lebih lanjut, saat ini bangkai bis yang terbakar diderek dan diamankan di Mako PJR Tol di kawasan Waru-Sidoarjo. AR/Sbr

Comment