by

Penyebab dan Kronologis Kecelakaan Bus Rombongan Jemaah Calon Haji Palangka Raya

PULANG PISAU, Kecelakaan lalu lintas yang menimpa bus pembawa rombongan calon jemaah haji kelompok terbang (Kloter) 11 Kalteng asal Palangka Raya pada Selasa malam atau Rabu (24/7/2019) dinihari, diduga akibat kelalaian sopir bus.

Informasi yang diperoleh dari Satlantas Polres Pulang Pisau, kecelakaan yang terjadi sekitar pukul 00.30 Wib di ruas Trans Kalimantan Km 01 Desa Gohong Kecamatan Kahayan Hilir Kabupaten Pulang Pisau itu mengakibatkan bus terbalik di tepi jalan.

Beruntung tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut. Namun 6 korban mengalami luka-luka ringan.

Kecelakaan bermula ketika microbus dengan nomor polisi KB 7597 S yang dikemudikan Agus Yanto tengah menuju Banjarmasin Kalimantan Selatan. Bus melaju dengan kecepatan hanya sekitar 40 km/jam.

Setibanya di lokasi kejadian, tiba-tiba ban kiri bus keluar dari badan jalan (turun dari aspal). Sopir kemudian berusaha menaikkan kembali ban kiri bus ke jalur aspal.

Baca Juga  Lima Kasus Korupsi yang Ditangani Kejari Barito Utara

“Namun karena kondisi bahu jalan ke aspal cukup tinggi, justru membuat bus menjadi oleng dan tidak bisa dikendalikan. Sehingga saat bus dipaksa naik, justru membuatnya langsung terguling ke sebelah kiri,” kata Kasatlantas Polres Pulang Pisau, Iptu Aris Suprianto, Rabu.

Kecelakaan itu diduga karena sopir kurang konsentrasi saat menyetir. Pasalnya, kondisi jalan di lokasi kejadian cukup lengang dan lurus.

“Alhamdulillah semua calon jemaah haji kita selamat. Dan yang luka ringan sudah ditangani tim medis, kemudian semua sudah melanjutkan perjalanan ke Banjarmasin menggunakan bus cadangan, dan sekarang siap melanjutkan perjalanan ke tanah suci,” kata Kepala Biro Kesra Setda Provinsi Kalteng Syahrudin. Ar/sbr

Comment